-->

5,8 Juta Keluarga Miskin Di Desa Bakal Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Per Bulan


Pemerintah terus mendorong pemerintah daerah untuk memberikan bantuan sosial kepada warga miskin sesuai dengan kapasitas dan juga dampak yang ada di daerahnya masing-masing. Bantuan tersebut untuk meringankan beban di tengah hantaman pandemi Corona Covid-19.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan (kemenkeu), Astera Primanto Bhakti, mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan dana tambahan bagi keluarga miskin di desa yang terdampak Corona Covid-19.

Inisiasi tersebut muncul lantaran adanya keluarga miskin yang tidak menerima bantuan dari pemerinth pusat maupun daerah.

 "Pemerintah telah menyiapakan kebijakan yang akan dirilis dalam waktu yang tidak lama, yaitu memberikan juga serupa dengan bansos, yaitu kita akan memberikan suatu tambahan dana bagi keluarga miskin atau tidak mampu yang tinggal di desa,

yang tidak menerima bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," ujar Astera dalam "Dialogue Kita, Bantuan Sosial di Tengah Pandemi Covid-19" secara virtual, Rabu (8/4/2020).

Menurut perhitungan sementara yang disampaikan Astera, terdapat kurang lebih 5,8 juta Kepala Keluarga miskin di desa. "Jadi ini jumlahnya cukup besar," ujarnya.

Dari kebijakan tersebut, direncanakan masing-masing kepala keluarga akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama 3 bulan.

 "Jadi nanti dana desa itu yang tadinya penggunaannya untuk cash forward dan juga pemberdayaan masyarakat, ini nanti akan ada satu menu baru yaitu BLT atau bansos yang diberikan kepada desa," jelasnya. Adapun anggaran yang dibutuhkan dari dana desa ini bervariasi untuk masing-masing desa.

"Kisarannya bisa mencapai sekitar Rp 24 triliun atau setara sekitar 25-30 persen dari dana desa. Tapi ini semuanya tergantung dari jumlah hasil assessment kita terhadap penduduk desa yang eligible untuk kebijakan ini," ungkap Astera.

AKHIRNYA YANG DI DESA PUN DAPAT

5,8 Juta Keluarga Kurang Mampu di Desa Bakal Dapat Bantuan Rp 600 Ribu Selama 3 Bulan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel